Kamis, 27 Maret 2014

Sekilas Daun Pepaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sekilas Daun Pepaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Pepaya merupakan salah satu dari buah-buahan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, karena buah pepaya banyak ditanam di halaman rumah-rumah, bahkan oleh sebagian petani di Indonesia, buah pepaya dijadikan sebagai sumber mengais rejeki dengan cara berbudidaya buah pepaya.

Buah pepaya ini selain buahnya yang manis dan baik untuk kesehatan, daun buah pepaya juga mempunyai khasiat yang cukup baik untuk kesehatan. Pada daun buah pepaya terkandung berbagai macam zat yang baik untuk kesehatan seperti Vitamin A 18250 SI, Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal, Protein 8,0 gram, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg , Fosfor 63 mg, Besi 0,8 mg, Air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Selain daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.
Daun pepaya rasanya pahit namun memiliki berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, di antara khasiat daun pepaya bagi kesehatan yaitu:

Daun Pepaya Untuk Mengobati Demam Berdarah
Selain jambu biji, demam berdarah juga bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya yaitu dengan mengambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya, kemudian daun pepaya tadi direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusan daun pepaya tersebut diminumkan sekaligus. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Daun Pepaya Dapat Meningkatkan Nafsu Makan
Daun pepaya yang rasanya pahit, mampu merangsang sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan nafsu makan, caranya yaitu dengan menyiapkan daun pepaya segar yang ukurannya sebesar telapak tangan, tambah dengan sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Daun Pepaya Dapat Mengobati Nyeri Haid
Campuran daun pepaya dan asam jawa, cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri akibat dtang bulan. Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

Daun Pepaya Untuk Melancarkan Pencernaan
Pada daun pepaya mengandung karpain yang sangat baik untuk saluran pencernaan kita karena karpainlah yang membantu membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai teman makan nasi atau lalapan.

Daun Pepaya Sebagai Masker Anti Jerawat
Disamping bermanfaat bagi kesehatan, daun pepaya juga berkhasiat untuk kecantikan terutama dalam menghilangkan jerawat. Cara menggunakannya daun pepaya harus di keringkan terlebih dahulu, kemudian dilumatkan dan dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umumnya.

Daun Pepaya Mengandung Senyawa Anti Kanker
Bersumber dari sejumlah penelitian dijelaskan, bahwa batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

Daun Pepaya Dapat Mengobati Sakit Perut Balita
Bagi para ibu yang memiliki balita sakit perut kembung, bisa diobati dengan menggunakan ramuan daun pepaya. Caranya sediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Gunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut balita yang sakit.

Daun Pepaya Mengatasi Kekurangan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya yang kaya dengan vitamin dan mineral ini, jika balita anda mengalami kekurangan nutrisi gunakan daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.


Artikel Terkait