Rabu, 26 Maret 2014

Penyebab dan Cara Menangani Penyakit Sakit Pinggang

Penyebab dan Cara Menangani Penyakit Sakit Pinggang
Penyebab dan Cara Menangani Penyakit Sakit Pinggang - Sakit pinggang banyak dialami mereka yang bekerja namun lupa atau mungkin tidak sempat untuk minum air putih, dan sebentar merelaksasi tubuh. Sakit pinggang mempunyai hubungan erat dengan susunan dan fungsi tulang belakang sampai ke tulang ekor, dimana tulang belakang atau punggung memiliki ruas tulang yang membentuk satu-kesatuan yang berfungsi bagi tubuh ketika berdiri, duduk, dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Tulang belakang juga mempunyai titik tulang syaraf yang akan membentuk lengkungan apabila terjadi gesekan antara tulang. Gesekan antar tulang ini biasanya berfungsi untuk menggerakkan tubuh pada saat berputar ke arah kiri maupun kanan.

Sakit pinggang yang terasa pada bagian bawah atau low back pain (disebut juga lumbago) lebih sering terjadi. Pada sakit pinggang lumbago ini, penyebab yang biasa terjadi yaitu adanya sikap tubuh yang tidak sesuai pada waktu bekerja, kelelahan, tegangan pada punggung, kerja yang berlebihan, dan proses duduk atau bentuk kursi yang kurang baik. Penyebab lainnya adalah kegemukan, kehamilan, telapak kaki yang datar, dan memakai sepatu hak tinggi. Dalam keadaan depresi, sakit pinggang yang ringan dapat menjadi lebih berat. Sakit punggung dapat merupakan gejala adanya penyakit batu ginjal. Dalam hal ini juga ditandai kelainan pada air kemihnya.

Penyebab yang secara umum mengakibatkan terjadinya sakit pinggang yaitu :
  1. Terjadi karena gangguan mekanik pada susunan dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  2. Posisi atau gerak tubuh yang tidak sesuai sehingga menyebabkan urat dan tulang belakang terjepit  yang akhirnya menimbulkan nyeri pinggang.
  3. Bagi para pekerja berat bisa dikarenakan seringnya membawa atau mengangkat barang-barang berat.
  4. Sementara jika sakit pinggang terjadi pada wanita, sakit pinggang bisa terjadi karena penggunakan sepatu berhak tinggi terlalu lama, sehingga beban kaki dan pinggang berat dan menimbulkan kecapaian. Akibat yang timbul tidak hanya membuat kaki, betis terasa sakit, dan nyeri bahkan rasa tersebut juga dapat dirasakan pada bagian pinggang.
  5. Sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh tidak nyamannya posisi pada saat tidur, bisa saja alas tidur yang terlalu tipis tidak sesuai dengan tinggi badan. Sehingga badan dibiarkan tertekuk terlalu lama.
  6. Sakit pinggang juga bisa disebabkan karena kurangnya gerak otot-otot tubuh atau yang disebut olahraga, Sehingga otot dan sendi tubuh mudah mengalami cidera dan sakit.

Jika ternyata sakit pinggang yang dirasakan itu terjadi karena penyakit ginjal memiliki gejala yang khas seperti :
  1. Nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, Anda bisa berguling-guling karena kesakitan ini.
  2. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  3. Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  4. Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.
  5. Urine punya aroma tidak enak, atau bau.
  6. Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.
  7. Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.
Untuk mengobati sakit pinggang, terdapat ramuan tradisional yang dipercaya dapat digunakan untuk mengobati sakit pinggang, yaitu:

Buah Takokak
Buah takokak dipercaya bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Cara penggunaannya yaitu: 100 gram buah takokak, 30 gram rambut jagung, 20 gram jahe merah segar, 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

Kumis Kucing
Kumis kucing cukup terkenal sebagai obat tradisional sakit pinggang yang cukup ampuh. Oleh karena itu, lengkapilah tanaman obat keluarga anda dengan tanaman yang satu ini.

Jahe Merah
Dalam jahe merah terdapat senyawa kimia yang terdiri dari gingerol, zingeron, dan shogaol. Caran penggunaannya yaitu: 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit segar, 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

Daun Dewa
Pada daun dewa terkandung senyawa flavonoid, saponin, dan minyak atsiri. Cara penggunaannya yaitu: 30 gram daun dewa segar, 30 gram temu lawak segar, 25 gram daun baru china segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

Angco
Buah angco dikenal juga sebagai kurma tiongkok atau kurma cina. Caranya: 10 butir angco, 1 - 3 buah sun boi/kiam boi, 15 gram akar bawang merah segar, 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.

Bawang Putih
Selain biasa digunakan untuk menyuburkan rambut dan menghilangkan jerawat, bawang putih berkhasiat juga untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri pinggang. Caranya: 120 gram jahe merah, 150 gram bawang putih, bubuk cabai secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.

Akar Ilalang
Mungkin sebagian orang menganggap bahwa ilalang hanya sekedar tanaman pengganggu yang tidak berguna. Namun, jangan menganggap remeh tumbuhan yang satu ini. Untuk pengobatan sakit pinggang, akar dari ilalang bisa dimanfaatkan. Caranya cukup ambil akar ilalang secukupnya lalu direbus sampai mendidih. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar ilalang tadi dengan takaran 2 kali sehari.

Daun Bakung
Berbeda dengan ilalang dan kumis kucing yang merupakan obat sakit pinggang alami dari dalam, daun bakung adalah obat sakit pinggang untuk penggunaan dari luar. Caranya, ambil beberapa lembar daun bakung lalu dipanggang sampai sedikit layu. Setelah itu olesi daun bakung tersebut dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah merata, tinggal ditempelkan pada bagian pinggang yang sakit.

Cabe Rawit
Cabai rawit (dibuang tangkainya) + jahe (diiris-iris) masing-masing secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur.

Artikel Terkait