Rabu, 26 Maret 2014

Penyakit Menular, Pengertian, Penyebab, dan Jenisnya

Penyakit Menular, Pengertian, Penyebab, dan Jenisnya
Penyakit Menular, Pengertian, Penyebab, dan Jenisnya - Penyakit menular dapat kita definisikan sebagai sebuah penyakit yang dapat ditularkan baik secara langsung maupun perantara. Penyakit menular ini ditandai dengan adanya agen atau penyebab penyakit yang hidup dan dapat berpindah serta menyerang penderita.
Dalam ilmu kesehatan, penyakit menular merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi seperti virus, bakteria atau parasit, bukan disebabkan faktor fisik seperti halnya luka bakar ataupun kimia seperti halnya keracunan.
Secara garis besar, Penyakit menular merupakan penyakit yang menyerang manusia dan bisa mengalami perpindahan penyakit ke manusia lainnya dengan cara  penularan penyakit yang dapat dikelompokkan menjadi 4, yaitu :
Media Langsung Orang ke Orang (Permukaan Kulit)
  • Melalui Media Udara Penyakit yang dapat ditularkan dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung melalui udara pernapasan disebut sebagai air borne disease.
  • Melalui Media Air Penyakit dapat menular dan menyebar secara langsung maupun tidak langsung.
  • melalui air. Penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air disebut sebagai water borne disease atau water related disease.
 Melalui Agen Penyakit :
  • Virus : hepatitis virus, poliomielitis
  • Baktcri : kolera, disentri, tifoid, diare.
  • Protozoa : amubiasis, giardiasis.
  • Helmintik : askariasis, penyakit cacing cambuk, penyakit hidatid.
  • Melalui Media Vektor Penyakit Artbropod-borne diseases atau sering juga disebut sebagai vector-borne diseases merupakan jenis penyakit penting yang kerapkali bersifat endemis maupun epidemis dan sering menimbulkan bahaya kematian.
Jenis penyakit menular yang kerap terjadi yaitu:
Penyakit kulit
IPenyakit kulit merupakan salah satu jenis penyakit menular yang banyak sekali jenisnya, dan mudah menular dari satu orang ke orang lain. Penularan yang paling sering terjadi adalah melalui kontak langsung atau kita menggunakan barang yang juga dipakai oleh penderita, contohnya handuk, baju, dll.
Contoh : penyakit kulit cacar air, kudis, panu, dll.

Parainfluenza
Penyakit virus pernafasan ini menjadi penting karena penularannya yang sangat cepat seperti halnya penyakit menular lewat pernapasan lainnya. Pada umumnya penyakit ini terjadi oleh infeksi virus parainfluenza saja gejalanya hanya ringan atau subklinis. Terdapat empat virus yang terdapat dalam keluarga parainfluenza, yang ditandai dengan tipe 1-4 yaitu virus mempunyai genom RNA helai-tunggal, tidak bersegmen dengan pembungkus mengandung lipid yang berasal dari pertunasan melalui membran sel. Bagian antigenik utama adalah tonjolan – tonjolan protein pembungkus yang menunjukkan sifat – sifat hemaglutinasi (protein HN) dan fusi sel ( protein F).
Virus parainfluenza menyebar dari saluran pernapasan oleh sekresi yang teraerosol atau kontak tangan langsung denga sekresi. Pada umur 3th anak – anak biasanya mengalami infeksi tipe 1-3, tipe 3 bersifat endemik dan dapat menyebabkan penyakit pada bayi sebelum umur 6 bulan, dan dapat mengganggu sistem imun. Sedangkan pada tipe 1&2 lebih musiman dan terjadi pada musim panas dan musim gugur, tipe 4 lebih sukar tumbuh. Virus parainfluenza bereplikasi dalm epitel pernapasan tanpa bukti adanya penyebaran sistemik, kecenderungan menimbulkan penyakit pada jalan napas lebih besar pada laring, trakhea, bronkus, . Penghancuran sel pada jalan napas atas dapat menyebbakan invasi bakteri dan menimbulkan trakeitis bakteri. Obstruksi tuba eustachii dapat menyebabkan invasi bakteri sekunder ruang telinga tengah dan otitis media akut.

Demam Berdarah
Cara penularannya melalui virus yang terdapat pada nyamuk Aighes Aygepti yang menghisap darah organ. 

Penyakit Kelamin
Cara penularan penyakit kelamin melalui hubungan sex yang tidak sehat dan sering berganti pasangan. Penyakit yang timbul bukan hanya menyerang alat kelamin saja tetapi dapat menjalar ke organ lain.

HIV/AIDS

Virus yang berasl dari simpanse ini dapat merusak sistem imunitas, tetapi virus ini tidak menimbulkan kematian. Tapi jika virus HIV mengenai penyakit lain seperti menyerang organ vital bias menimbulkan kematian. Apabila sistem imun pada tubuh telah rusak resiko berbagai virus akan masuk ke tubuhpun sangat besar dan tubuh akan rentan terhadap penyakit.

TBC
Tuberculosis (TBC, MTB, TB) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri “mycobacterium tuberculosis”. Yang menyerang pada organ paru – paru, dan juga dapat menyerang pada organ lain. Bakteri yang sekeluarga dengan bakteri mycobacterium tuberculosis ini juga dapat menimbulkan infeksi dan memunculkan gejala yang mirip.
Bakteri ini ditularkan melalui udara (airborne), yaitu ketika penderita bersin atau batuk dan bakteri akan keluar dan terhirup oleh orang sehat. Biasanya penderita TBC akan diisolasi dikarenakan mudahnya penyebatran penyakit TBC

Artikel Terkait