Jumat, 28 Maret 2014

Sekilas Penyakit Lupus, Jenis, Ciri dan Cara Mengobatinya

Sekilas Penyakit Lupus, Jenis, Ciri dan Cara Mengobatinya
Sekilas Penyakit Lupus, Jenis, Ciri dan Cara Mengobatinya - Penyakit lupus merupakan penyakit yang kebanyakan dari penderitanya adalah wanita, meski tak jarang juga pria juga banyak yang terkena penyakit lupus ini. Istilah dari penyakit lupus ini dikenal sekitar satu abad yang lalu, dimana arti dari kata lupus yaitu anjing hutan diambil dari bahasa latin.

Memang belum banyak masyarakat yang mengenal tentang penyakit lupus ini, padahal menurut dari berbagai sumber, penyakit lupus tergolong dalam jenis penyakit yang cukup berbahaya karena penyakit lupus menyerang pada organ dan jaringan tubuh yang menyebabkan peradangan pada kulit tubuh dan dapat berakibat fatal pada organ tubuh lain seperti ginjal, sel darah, paru-paru serta jantung.

Jenis-jenis Penyakit Lupus
Jenis dari penyakit lupus secara umum terbagi menjadi 4 jenis yaitu:
  • Systemic lupus erythematosus
Jenis Penyakit lupus ini mulanya menyerang kulit, lalu menyebar ke sel darah, ginjal, paru-paru, bahkan jantung. Penyakit lupus jenis inilah yang sering dibicarakan oleh orang.
  • Discoid lupus erythematosus
Penyakit lupus jenis Discoid lupus erythematosus ini hanya menyerang pada kulit tubuh saja, dan pada umumnya kulit yang terserang Discoid lupus erythematosus ini adalah kulit wajah.
  • Drug-induced lupus erythematosus
Jenis penyakit lupus ini terjadi karena akibat dari pengkonsumsian obat tertentu. Bisa disebabkan karena alergi terhadap obat tersebut, karena tidak semua orang bisa terkena penyakit lupus jenis drug-induced lupus erythematosus ini saat mengkonsumsi jenis obat yang sama, biasanya ketika berhenti dari mengkonsumsi obat tersebut maka penyakit lupus yang menyerang perlahan sembuh.
  • Neonatal lupus
Penyakit lupus jenis neonatal lupus ini memang jarang, dan penyakit lupus ini biasanya menyerang bayi yang baru lahir.
Hal yang perlu diingat dari penyakit lupus ini yaitu bahwa penyakit lupus bukan termasuk penyakit menular, jadi ketika ada bagian dari keluarga atau teman yang terkena penyakit lupus ini tidak perlu ada kewaspadaan seperti penyakit menular sepert TBC, AIDS dan lainnya.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan ataupun pengobatan penyakit lupus, yaitu:
  • Jika terkena penyakit lupus ini alangkah baiknya menghindari kontak langsung dengan sinar ultra violet matahari karena dikhawatirkan dapat menjadi lebih parah.
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan imbangi dengan makanan yang mengandung kalsium.
  • Hindari berat badan yang berlebih, agar penyerapan kalsium lebih lancar.
  • Perbanyak makanan yang bernutrisi baik.

Artikel Terkait