Sabtu, 15 Maret 2014

Pilek dan Cara Mengobatinya

Pilek dan Cara Mengobatinya
Penyakit Pilek merupakan jenis penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang kerap kali terjadi di seluruh dunia. Penyakit Pilek itu sendiri merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting) dan penyakit pilek dapat disebabkan oleh salah satu dari 200 lebih virus. Jenis virus yang kerap menjadi penyebab penyakit pilek itu biasanya dari kelompok yang tinggal di saluran hidung yang dikenal sebagai “rhinovirus.” Virus penyebab penyakit pilek lainnya terkadang menyerang yaitu coronavirus, adenovirus, dan RSV.


Penyakit Pilek biasanya mempunyai gejala ringan selama kurang lebih 5-10 hari dengan Keluhan yang paling umum adalah ingusan, bersin, penyumbatan hidung, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk. Sebaliknya, flu (influenza), yang disebabkan oleh virus dari kelas yang berbeda, dapat memiliki gejala yang parah.

Jika anda sudah terserang penyakit pilek ini, anda bisa mengobatinya dengan beberapa hal di bawah ini :

Istirahat yang cukup
Dengan istirahat yang cukup, dapat membantu tubuh untuk lebih cepat sembuh dari penyakit.
 
Minum Air Putih hangat yang banyak
Air putih memang  mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, dan air putih yang hangat mampu mengurangi hidung yang mampet akibat terserang penyakit pilek, sehingga perlahan mengobati penyakit pilek.

Memperbanyak Konsumsi Sayur Mayur
Jika tubuh terserang penyakit, maka bisa dipastikan ada sistem kekebalan tubuh kita yang sedikit melemah sehingga penyakit yang disebabkan oleh virus seperti penyakit pilek akan mudah menyerang. Untuk menjaga kekebalan tubuh bisa dengan mengkonsumsi buah atau sayuran yang mengandung berbagai vitamin di dalamnya.

Madu dicampur Jahe
Madu yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, dan jahe merupakan rempah yang mempunyai khasiat menghangatkan tubuh, jika keduanya dicampur dan dikonsumsi bisa juga menjadi obat untuk penyakit pilek, untuk mencampurnya bisa dengan jahe diparut, tidak usah banyak-banyak, untuk satu minuman 2 ruas jahe dicampur dengan madu secukupnya. dan minum secara teratur, 2x sehari. 


Artikel Terkait