Minggu, 23 Februari 2014

Cara Membuat Formulir Registrasi Untuk Blog


Pada postingan kali ini, tentang formulir registrasi pada blog, kita bahas cara membuatnya untuk kemudian dipasangkan pada blog kita. Selain untuk formulir registrasi, bagi anda yang berprofesi sebagai guru, juga bisa memanfaatkannya sebagai soal, atau untuk membuat tugas secara online. Kita bahas dulu tentang formurlir registrasi.
Apa sih formulir registrasi?
Jika anda mempunyai email, tentu langkah pertama membuat email adalah proses pendaftaran. Nah, kita akan mencoba membuatnya dan kemudian kita pasangkan di blog kita.

Bagaimana cara membuatnya?
Cara membuatnya yaitu:
  • Kita login ke google drive
  • Jika sudah masuk de dashboard google drive, kita pilih Buat > Formulir
  • Kemudian akan tampil halaman untuk pengisian judul formulir apa yang akan kita buat. dan pilih tema tampilan

  • Jika sudah maka akan tampil halaman untuk mengedit/membuat pertanyaan yang akan diajukan pada formulir yang dibuat. seperti pada gambar di bawah ini. kita mencoba membuat satu pertanyaan pada formulir yang diajukan yaitu nama. Maka pada judul pertanyaan kita isi Nama Lengkap, Teks bantuan kita isi dengan Isikan Nama Lengkap Anda, Jenis Pertanyaan kita pilih teks, Lalu kita buat untuk teks areanya, yaitu kita siapkan tempat untuk menjawab. pilih Validasi data,  kita kasih tanda conteng pada daftar jenis pilihan jawaban. Lalu kita pilih teks , seperti pada gambar di bawah. karena yang ditanyakan nama, maka jenis jawaban menggunakan teks.

  •  Lalu kita coba buat pertanyaan berikutnya, yaitu tentang jenis kelamin, maka kita pilih Tambahkan Item , Seperti langkah pada membuat pertanyaan nama lengkap. Pada Judul Pertanyaan kita isi dengan Jenis Kelamin, lalu pada Teks Bantuan kita isi Pilih Jenis kelamin anda , untuk Jenis Pertanyaan kita coba menggunakan pilihan apakan pria atau wanita, berbeda dengan Nama Lengkap yang menggunakan Teks. Pada Jenis Pertanyaan kita pilih Pilihan Berganda, lalu kita masukkan pilihan jawabannya, yaitu Pria atau Wanita . seperti gambar di bawah ini.
Anda perhatikan pada gambar tentang Nama Lengkap dan Jenis kelamin, pada bagiah bawah, yaitu ada tulisan Pertanyaan Wajib, pada Nama Lengkap, tulisan tersebut dicentang, sedangkan pada jenis kelamin tanpa centang. fungsinya yaitu jika Nama Lengkap  belum diisi maka proses tidak bisa dilanjutkan karena merupakan pertanyaan wajib. jika sudah selesai membuat, kita pilih kirim
  • Kita anggap pertanyaan sudah selesai, dan kita akan menentukan kemana kita akan menyimpan datanya. Kita akan coba buat database baru, jadi jika ada proses registrasi baru kita bisa melihatnya pada database tersebut termasuk semua data yang telah terregistrasi. Untuk membuatnya kita Klik Pilih Tujuan Tanggapan pada bagian atas dashboard. seperti gambar dibawah ini :
  •  Lalu kita pilih buat spreadsheet baru kemudian tekan buat.
  • Kemudian kita menuju ke paling bawah, pada Laman Konfirmasi, kita isi Terima Kasih, Data Anda telah kami terima. Lalu tekan Kirim Formulir
  • Kemudian Pilih Sematkan seperti gambar di bawah ini :


  •  Kemudian Copy dan pastekan dihalaman blog anda.
  • Langkah menempelkan kode tersebut, kita masuk ke dashboard blogger kita, lalu pilih laman. kemudian buat Laman Baru, untuk menempelkannya, harus pada posisi HTML bukan Compose.
  • Hasilnya seperti gambar di bawah ;


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait