Sabtu, 01 Maret 2014

Sekilas Tentang Bounce Rate Serta Cara Mengatasinya

Sekilas Tentang Bounce Rate Serta Cara Mengatasinya
Sekilas Tentang Bounce Rate Serta Cara Mengatasinya - Bounce Rate bisa kita artikan sebagai persentase kunjungan dari sebuah halaman website, misalnya pengunjung blog anda langsung meninggalkan blog anda tanpa melihat-lihat dulu isi blog anda. Maksudnya ibarat sebuah bola yang kita lempar ke lantai lalu memantul dan langsung keluar, nah blounce rate itu adalah pantulan dari bola tersebut, seberapa banyak bola itu memantul pada lantai, jika pengunjung kita ibaratkan bola.

Bounce Rate dan SEO
Bounce rate juga menjadi salah satu faktor dalam pemberian Score SEO terhadap sebuah website atau blog, yaitu semakin persentase bounce rate web/blog kita tinggi, semakin berpengaruh buruk terhadap score SEO blog kita. Jadi jika ingin score SEO kita tinggi atau tidak mau rendah, maka kita perlu menjaga persentase bounce rate.
Faktor yang mempengaruhi tingginya bounce rate ada beberapa hal, di mana pengunjung langsung meninggalkan web/blog anda tanpa pikir panjang lagi dan jika itu sering terjadi pada web/blog kita, maka web/blog kita mendapat pencitraan buruk dari mesin pencari, dan itu akan berpengaruh juga terhadap traffik pengunjung web/blog kita. jika web/blog anda mempunyai persentase bounce rate yang tinggi, secepatnya ambil tindakan untuk mengatasinya.
Ada beberapa cara untuk mengatasinya :
Buat Related Post
Related post sangat membantu untuk menambah pantulan bola, jadi buat pengunjung web/blog anda tidak melihat bahwa pada web/blog anda juga masih banyak informasi yang menarik seperti yang sedang dicari saat itu. Untuk cara membuatnya bisa lihat pada halaman Cara Memasang Related Post Pada Blog.
Perbaiki kinerja loading page web/blog anda
Loading halaman blog sangat berpengaruh terhadap pengunjung web/blog, jika terlalu lama bisa berakibat pengunjung bosan menunggu dan segera berganti ke web/blog lainnya. Untuk mengatasinya bisa lihat di halaman Cara Membuat Website atau Blog Cepat Loadingnya.
Pengaturan gambar.
Menempatkan gambar pada sebuah web/blog memang membuatnya semakin menarik. Tapi ada yang perlu diingat, menempatkan ukuran gambar yang besar dan jumlah yang banyak tentu akan memerlukan waktu yang lama untuk memuatnya, juga sangat mengganggu penglihatan, dan bisa menyulitkan pengunjung untuk menemukan apa yang dia cari, alangkah baiknya resolusi gambar juga diperhatikan. 

Sekian semoga bermanfaat, CMIIW.

Artikel Terkait